11 Cara sederhana menghemat kuota internet

Kehabisan kuota internet memang sangat membosankan dan menyebalkan, apalagi kuota internet yang baru di beli namun tiba-tiba kehabisan di saat dibutuhkan, maka anda harus menghemat kuota internet agar awet. Saat ini perkembangan yang sangat pesat membuat smartphone menjadi kebutuhan manusia saat ini, namun apa ladaya jika Smartphone canggih tampa kuota, itu smartphone seperti tidak berguna jika tidak ada kuota internet. internet saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi perusahaan perusahaan atau masyarakat modern yang menggunakan internet sebagai alat untuk meningkatkan profit, sebagai komunikasi, hiburan, serta berhubungan di sosial media seperti chatting videocall dll. 

Smartphone sangat banyak tipenya seperti Android, IOS, Window phone dan lain lain, yang mengharuskan akan internet. Kali ini Anak Kos 45 akan membagi sedikit tips sederhana menghemat kuota internet  pada smartphone. Jika anda berhasil menghemat kuota internet maka otomatis pengeluaran bulanan untuk membeli kuota internet semakin kecil. berikut Tips tips yang akan dibagikan Anak Kos 45 :


CARA SEDERHANA MENGHEMAT KUOTA INTERNET DI SMARTPHONE ANDROID

menghemat kuota internet


1. MENGETAHUI APLIKASI PENYEDOT KUOTA INTERNET

Ini adalah hal pertama yang harus di lakukan karena dengan mengetahui aplikasi yang menyedot kuota internet terbanyak maka kita bisa menonaktifkan atau dapat di uninstall aplikasi tersebut. Cara mengetahuinya dengan masuk di menu SETTING  lalu pilih Data Usage, scroll kebawa untuk melihat aplikasi apa saja yang banyak menggunakan kuota internet, setelah itu anda bisa uninstall aplikasi aplikasi tersebut atau menonaktifkan aplikasi tersebut.

2. MENONAKTIFKAN APLIASKI UPDATE OTOMATIS

Ini salah satu yang bisa menguras kuota internet anda, karena jika di aktifkan maka setiap aplikasi akan terupdate otomatis yang akan menyedot kuota anda. Cara menonaktifkan nya dengan masuk ke aplikasi Playstore kemudian pilih menu sebelah kiri dan klik SETTING dan lihat upadate otomatis aplikasi dan pilih update hanya di saat wifi aktif atau di non aktifkaan.

3. MENONAKTIFKAN LOKASI PADA ANDROID

Salah satu cara sederhana menghemat kuota internet, lokasi ini adalah bawaan android yang pasti anda tau. Di saat lokasi pada android aktif maka secara otomatis dan setiap saat akan memverifikasi lokasi anda dan untuk mengetahui lokasi anda itu pasti membutuhkan kuota internet.

4. MENONAKTIFKAN SINKRONISASI PERANGKAT

Sinkronisasi otomatis perangkat akan selalu terhubung ke internet  untu selalu mengunduh data. caranya masuk ke Setelan klik account lalu pilih akun yang akan  disinkronisasi. 

5. PILIH BROWSER TERHEMAT KUOTA INTERNET

Untuk bisa mengakses internet biasanya kita butuh aplikasi browser, namun tidak semua browser mendukung penghematan kuota. Browser apa yang mendukung penghematan kuota ? misalnya Ucbrowser, Opera mini, Google Chrome dan lain-lain, dengan cara mengaktifkan data server atau hemat kuota sesuai dengan browser.

6.  BATASI PEMAKAIYAN DATA DI APLIKASI

Penggunaan data di berbagai aplikasi seperti aplikasi chatting dan sosmed, di saat kita mengaktifkan seperti BBM, WA, Line, aplikasi Facebook, twitter dan lain-lain. Sudah pasti akan lebih memakan banyak kuota. Jadi lebih baik aktifkan aplikasi yang sering di pakai saja, dan untuk aplikasi yang bisa di buka di browser anda tidak perlu menginstal aplikasi cukup buka di browser.

7. BATASI DATA LAYAR BELAKANG

Dengan membatasi data layar belakang dapat menghemat kuota internet, karena membatasi aplikasi di belakang layar atau yang sedang berjalan. caranya masuk di Setelan pilih jaringan atau penggunaan jaringan sesuai smartphone, pilih menu pada pojok kanan atas centang batasi data layar belakang.

8. BATASI PENGGUNAAN DATA

Hampir semua perangkat android memiliki fitur ini yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan kuota atau data internet. caranya yaitu masuk ke Setelan  pilih Data Usage centang pada Set mobile data limit dan klik ok, tinggal atur batas limitnya.

9. KURANGI STREAMING VIDEO

Menonton video streaming memang mengasyikkan karena selalu ingin dan ingin lagi memutar yang lain. Situs streaming video yang paling populer seperti youtube, lk21 dll. salah satu penyedot kuota internet. jika anda ingin menghemat kuota, anda bisa mengurangi aktivitas streaming video.

10. KURANGI DOWNLOAD FILE

Sudah sangat jelas saat mendownload file pasti yang terkuras adalah data internet kita bukan, anda bisa melakukan download atau streaming video di saat anda terkoneksi pada wifi. Jika anda tetap ingin mendownload anda bisa download file file yang berukuran kecil.

11. MATIKAN DATA INTERNET

Maksud mematikan data internet adalah di saat anda istirahat, tidur malam atau sedang sibuk anda bisa mematikan data internet anda agar tidak terbuang sia sia.

Baca Juga: 7 Hal yang harus diketahui saat membeli paket internet murah

Itulah 11 tips nya yang Anak Kos 45 bisa bagikan kepada para pembaca, semoga salah satu di atas bisa bermanfaat, cara diatas sebenarnya bisa di terapkan hampir di semua jenis smartphone. jika ada kesalahan dalam mengetik atau salah dalam maksud perkataan mohon di maafkan karena penulis masih tahap belajar. Salam Anak Kos 45. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »